Entri Terbaru

17 June 2013

Blogger Koq Plagiat?

Sungguh memprihatinkan ketika ternyata banyak sekali orang yang mengaku ngaku sebagai Blogger tapi dalam aktifitas bloggingnya dia melakukan sebuah tindakan tidak terpuji yang bernama Plagiat alias menjiplak tulisan orang lain (blogger lain) kemudian diaku aku sebagai tulisan hasil karyanya sendiri.

Blogger Plagiator sangat banyak dijumpai saat ini, mereka melakukan tindakan tidak terpuji ini dengan berbagai macam tujuan - ada yang ingin dianggap sebagai blogger berpengalaman yang bisa posting atau update blog secara teratur, dan ada juga yang sekedar ingin menjaring traffic pengunjung ke blognya karena di dalam blognya tersebut dia memiliki agenda untuk mendapatkan profit alias keuntungan dari iklan.


Korban para Blogger Plagiator ini biasanya adalah situs situs portal berita online dan juga konten blog milik blogger lain yang dianggap menarik untuk dipublikasikan ulang di dalam blog milik sang plagiator. 

Modus Operandi Plagiator
  • Biasanya yang mereka lakukan adalah copy paste secara keseluruhan isi konten blog atau artikel lengkap dengan titik komanya ke dalam blog mereka
  • Kemudian agar tidak disebut plagiator mereka menyertakan sebuah text alamat blog sumber. Yak! Hanya sekedar text alias bukan link atau URL hidup sehingga pemilik atau penulis asli tidak mendapatkan kredit atau backlink dari blog milik sang plagiator -- lebih parah lagi ada juga plagiator yang dengan percaya dirinya malah menyebut dirinya sebagai sang penulis. 
  • Untuk menyembunyikan aksi mereka lebih sempurna biasanya tanggal posting dihilangkan dari blog mereka, sehingga seolah olah mereka yang telah posting terlebih dulu ...

Menjengkelkan? Tentu saja! Lalu bagaimana cara untuk membasmi blogger plagiator ini?

Pertama anda harus waspada dan tahu bagaimana cara mencari konten anda yang telah menjadi korban plagiat. Lakukan searching di Google dengan menggunakan satu kalimat penuh pada paragraf pertama atau kedua atau ketiga pada field search. Jika dalam hasil pencarian ditemukan konten yang sama tapi bukan alamat blog anda .. SELAMAT! Anda telah menjadi korban plagiator.

Kedua, laporkan aksi plagiat ini ke Digital Millennium Copyright Act alias DMCA-nya Google. Memang sih, proses ini agak membingungkan karena menggunakan bahasa Inggris, akan tetapi biasanya Google akan merespon laporan anda - terlebih lagi jika sang plagiator menggunakan layanan produk blogging dari BLOGSPOT - jika sang plagiator menggunakan domain komersial pada blognya maka hasilnya akan lebih parah karena bisa berakibat diblacklistnya domain sang plagiator dari mesin pencari informasi Google.

Untuk melaporkan aksi plagiat silahkan ikuti link DMCA Google ini - dalam bahasa Inggris.

Mengapa Google akan dengan sukacita merespon laporan anda? Karena duplicate content dianggap sebagai sampah oleh mesin pencari informasi Google, tentu mereka ingin jasa yang mereka kelola terlihat lebih bersih dari sampah sampah semacam ini.

Mengapa anda perlu melakukan aksi membasmi Blogger Plagiator? Karena ini akan membantu rank search engine blog anda - dengan banyaknya duplicate content bisa jadi blog anda - konten yang telah anda tulis dengan susah payah malah tenggelam dikalahkan oleh para plagiator tersebut.

Selamat berburu Plagiator!

Tips:

Selalu Sertakan Timestamp alias Date Header dalam posting anda! Fitur ini jangan dihilangkan karena akan menjadi bukti kuat bahwa andalah pemilik atau penulis konten tersebut.

Gunakan bahasa yang menjadi ciri khas anda dalam setiap posting blog! Kegagalan plagiator adalah blognya berisi konten dengan gaya bahasa campur aduk sehingga akan sangat terlihat blognya adalah hasil copy paste atau plagiat.

2 comments:

  1. Anonymous19.6.13

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.